Nafasku.....Hah....Hah......Hah

    Emang bener ya kata orang orang, kalo di kelas 9 ituh bikin perih. Perih pikiran, perih badan, dan perih hati. Kok perih hati? Lah iya dong. Bayangin deh, kalian diberi PR 50 Soal matematika, harus dikumpulin besok. Nah, setelah melewati perjuangan gigih, tidur jam 12 malam, bolpoin ilang, muka kumel....eh udah dari sananya sih. Eh ternyata pas di sekolah cuman dikasih paraf doang sama gurunya. Cuman bisa senyum aja sih, Padahal di hati udah pengen ambil tas, trus masang kuda kuda ala atlet lari, dan lari sekenceng kencengnya keluar kelas, Dan teriak "TOUCHDOWN!" Dengan lantang.

    Ehem.

    Omong omong, kelas 9. kebetulan saya lagi merasakan pedih pedihnya nih. Beh. Mungkin kalo saya boleh cuti melahirkan bakalan hamil terus dah selama 2 semester ini. Dengan dihajar oleh berbagai tugas tugas dan ulangan, Berbagai ujian praktek, UN, Jam belajar yang ditambah......Belom lagi kalo ketemu mantan.

   Eh.

    Ngomongin ujian praktek. Minggu ini saya sedang disibukkan dengan berbagai kegiatan seperti itu. Udah deh, saya paling malas kalo udah ketemu "Ujian Praktek" Mending sih kalo mata pelajarannya kaya biologi. Kan seru gituh. kaya professor, apalagi kalo materi reproduksi. Beuh. Berasa bidan dan pasien mesumnya. Saya pasien mesumnya.

    Saya paling malas jika menghadapai ujian praktek Olah raga. Paling gak bisa di materi lari, udah keburu keabisan napas sebelum waktunya abis.

   Saya pernah baca baca di internet gitu tentang cara berlari yang baik dan benar, ada beberapa tipsnya kok. Kayak, Mengatur napas, sarapan pagi, bikin badan rileks, Dan jangan lari sambil menggendong kenangan mantan. selain perih, juga berat. Tapi serius, salah satu teknik paling penting pas lari adalah dengan mengatur napas sebaik dan seteratur mungkin. Ada beberapa kata kata penulisnya tentang "Apa itu napas" dan "Teknik bernapas"

    Seperti ini.

"Kita bernafas menghirup O2 dan mengeluarkan CO2 sebagai hasil proses pernafasan." - Seluruh guru biologi.

"Saat kita mengayunkan kaki kiri, kita menarik nafas dan terus menarik nafas sambil kita mengayunkan kaki kanan, dan mengayunkan kaki kiri kembali." - Salah satu blogger

"selama berlari, maka kita akan merasa kepayahan, nafas menjadi sesak dan terasa pendek. Hal itulah yang sering terjadi pada orang - orang yang sedang berlari" - Masih salah satu blogger

"Jika memang kau terlahir hanya untukku
Bawalah hatiku dan lekas kembali
Ku nikmati rindu yang datang membunuhku
Untukmu seluruh nafas ini" - Last Child Dan Giselle


     Kata para guru olahraga sih gitu. kalo lari itu harus memperhatikan dan mengatur napas. Wah. Ada juga tips kaya gitu, ya udah saya pake.Besoknya, hari rabu tepatnya, Saya udah mempersiapkan segala sesuatunya untuk ujian praktek kali ini. Kata gurunya gini

    "Saya akan memberikan nilai 80 keatas bila kalian berlari 70kali dalam 12 menit. Dan saya akan memberikan nilai seluruh ujian praktek Olah raga 90 keatas jika kalian Sanggup berlari 80 kali dalam waktu 12 menit."

    Wow! Syarat yang cukup menjanjikan. Saya lihat hampir seluruh teman teman saya tergiur mendengar ucapan guru olah raga tadi. Ada yang melongo, ada yang ngiler sambil melongo, ada yang garuk garuk ketek sambil melongo.  Persis seperti manusia manusia kena bisnis MLM. Tapi, yang jadi masalahnya adalah. Kuat enggak lari segitu? Saya punya ide yang brilian. kita lepas anjing liar dilapangan dan mengejar setiap siswa yang akan tes, kan kata orang orang kalo kita dikejar anjing kekuatan lari kita semakin meningkat pesat. Tapi akhirnya ide itu terpaksa saya urungkan, saya takut tiba tiba anjingnya bukannya lari malah kawin dilapangan sama tiang bendera. Gak keren.

   Ah! bagaimana kalau kit..."SELANJUTNYA! YOGA ANANDA! CEPAT SIAP SIAP!" Kampret giliran saya. dengan langkah penuh aura aura keyakinan dan ketakwaan saya pun maju ke lapangan dan mengambil kuda kuda atlet lari, yang pantatnya di mundurin ke belakang gituh. Maksudnya sih biar lebih kerenan gitu pas peluit di bunyikan. Eh bukannya lari, saya malah kentut. Antiklimaks abis.

   "PRRIIIITTT....!!" - Suara peluit standar

   Baru saja menyelesaikan kentut, eh peluit udah bunyi, kampret. semoga aja kentut saya bisa jadi bahan alami yang bisa membantu saya lari secepat kilat. Eh bukannya tambah cepet, malah saya gak konsen lari gara gara bau kentut tadi. Mengatahui situasi saya sedang gak konsen dan hampir keabisan oksigen, saya pun coba mengingat kembali teori pernapasan tadi. 
   Mengayunkan kaki kiri sambil menarik nafas dan membuangnya di ayunan kaki kanan

   Heh. untung saya ingat.
Saya pun mulai berdebat di dalam hati saya "Ayunkan kaki kiri....lalu ambil napas....Baik....Fokus....Tarik napas di hitungan ke 3.........1.......2..........3...............KAMPRET KENTUTNYA MASIH BAU" Dengan terpaksa saya pun menarik nafas dalam dalam, yah walaupun masih ada bau kentutnya, tapi gapapa sih, toh kentut saya sendiri, mana mungkin kan keracunan kentut sendiri. Ya gak lucu aja kalo tiba tiba besok pagi di koran nama saya muncul di halaman depan.


" REMAJA SMP MENINGGAL KARENA MENGHIRUP KENTUTNYA SENDIRI SAAT BERLARI. 15 BULU HIDUNG LUKA LUKA, 20 SYARAF HIDUNG LUKA RINGAN, DAN 1 KENANGAN MANTAN MASIH TERSISA"

   Hehe.
Dengan bermodalkan teori tadi, saya berhasil lari selama beberapa menit.
10 Detik..... "Masih oke! Maju teruss!"
30 Detik......"Lumayan! Semangat! GoGoGo!"
1 Menit......."Fuh! Capek juga ya lama lama! Semangat!!"
1 Setengah menit........"Se...ma....nga......t"
1 menit lebih 50 detik.......*Idung mulai kembang kempis nyari asupan oksigen*
2 menit.........."HADOHHH! YAAMPONNN! NAPAS SAYA JATUH DIMANA TADI! YA ALLAH!!"

    Udah cuman 2 menit aja saya tahan. padahal targetnya 12 menit. Saat itu saya udah gak peduli sama segala teori teori napas. Dengan bermodalkan napas pake segala lubang di tubuh, saya pun bisa lari selama 12 menit dan mencapai skor yang lumayan.

   Gak bakalan deh lari lagi sambil ngatur napas. selain susah, juga ribet buat ngerubah kebiasaan lama, napas pake mulut.

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rivalku Si Cicak

Global Angel